Indonesia Siap Siaga

Indonesia Siap Siaga
Indonesia Siap Siaga

Dompet Dhuafa Siaga Bencana

Gempa dengan kekuatan Magnitudo 6,2 telah mengguncang Majene, Sulawesi Barat, Jumat, 15 Januari 2021 yang juga telah memporak porandakan kantor Gubernur Sulawesi Barat serta bangunan besar lainnya, seperti Hotel  Grand Maleo  dan Hotel Matos.

Sehari sebelumnya, yaitu pada Kamis 14 Januari 2021, gempa dengan kekuatan Magnitudo 5,9 telah mengguncang wilayah Majene pada pukul 13.35 WITA. Akibat gempa ini, rumah-rumah dan sejumlah bangunan mengalami kerusakan parah.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,99 LS dan 118,89 BT. Tepatnya berlokasi di darat pada jarak 4 kilometer arah Barat Laut Majene, Sulawesi Barat pada kedalaman 10 kilometer.

Saat ini, sejumlah relawan Dompet Dhuafa Sulawesi Barat telah berada di lokasi untuk melakukan evakuasi, disusul tim DMC Dompet Dhuafa beserta tim medis yang telah bergerak menuju titik lokasi.

 

Banjir Melanda Kalimantan Selatan

Intensitas hujan tinggi di Kalimatan Selatan pada Kamis, 14 Januari 2021, sebabkan sejumlah wilayah di antaranya Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru, Kabupaten Tanah laut, Kabupaten Tabalong, Kabupaten Tapin, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Kabupaten Balangan.

Ketinggian banjir bervariasi dari 50 cm hingga 3 meter dan telah merendam ribuan rumah serta menyebabkan sejuamlah ruas jalan putus.

Dilansir dari Media Indonesia, data sementara BPBD Kalsel menyebut jumlah warga terdampak atau korban banjir sebanyak 20.541 kepala keluarga atau 67.842 jiwa terdampak banjir. Terbanyak di Kabupaten Tanah Laut 10.433 keluarga atau 34.431 jiwa. Di Kabupaten Banjar jumlah korban banjir mencapai belasan ribu jiwa dan 8.522 warga mengungsi.

Duka Mereka, Duka Kita, Duka Indonesia.

Sahabat, mari kita bantu bersama ringankan musibah yang tengah terjadi di Indonesia.

Bencana datang saatnya bergandengan tangan!

TINGGALKAN KOMENTAR